Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan dan Diet

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan dan Diet

Melalui Statista, ditemukan bahwa lebih dari 80% masyarakat Indonesia yang sudah mengganti susu berbahan dasar tanaman (plant-based milk). Salah satu susu berbahan dasar tanaman adalah susu almond atau yang biasa disebut dengan almond milk.

Susu almond terbuat dari campuran air dan kacang almond atau almond bubuk, biasanya beberapa merek mencampurkan bahan-bahan lainnya. Susu almond merupakan pilihan bagi mereka yang mengikuti pola makan sehat atau yang sedang diet, serta untuk mereka yang alergi terhadap produk susu (1).

Manfaat susu almond untuk kesehatan

Tinggi akan vitamin E

Susu almond mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E dapat larut dalam lemak yang penting untuk melidungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas (4). Selain itu, vitamin E juga dapat meningkatkan kesehatan mata dan kulit, dan juga berperan melindungi dari penyakit jantung (5, 6, 7).

Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Saat hamil ada beberapa ibu yang mengalami oxidative stress yang disebabkan oleh plasenta (8). Kandungan vitamin E dari susu almond dapat mencegah oxidative stress karena mengandung antioksidan. Susu almond juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk ibu hamil. Karena saat masa kehamilan dan menyusui membutuhkan kalsium yang lebih dibanding sebelumnya (9, 10). Sudah dijelaskan bahwa vitamin E dapat meningkatkan kesehatan kulit, beberapa ibu hamil dan menyusui mengalami masalah pada kulit selama masa kehamilan (11). Ada beberapa susu almond yang tidak mengandung gula sama sekali sehingga dapat membantu pencegahan terjadinya Gestational Diabetes pada ibu hamil. Sehingga baik untuk mengonsumsi susu almond saat hamil.

Sedangkan, ibu menyusui juga disarankan untuk mengonsumsi susu almond karena susu almond dapat meningkatkan produksi ASI. Menurut Mom Junction, asam lemak omega-3 dari susu almond dapat menstimulasi hormon dan meningkatkan kuantitas serta kualitas ASI. Pada saat masa menyusui, sang ibu diharuskan memiliki imunitas yang baik agar imunitas sang anak ikut terjaga. Susu almond dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh ibu menyusui (12).

Mengapa susu almond dikatakan lebih sehat dibanding susu sapi?

Karena kandungan susu almond bebas gluten, laktosa, kolesterol, dan pewarna buatan. Selain itu, ada beberapa merek susu almond yang tidak mengandung gula sama sekali (2). Berdasarkan Healthline, kandungan kalori dari susu almond juga lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi ataupun susu berbahan dasar tanaman lainnya.

Nutrisi Susu Almond

USDA menjelaskan bahwa segelas (240ml) susu almond memiliki kandungan:

  • Calories (kalori): 39
  • Fat (lemak): 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Carbs (karbohidrat): 3.5 gram
  • Fiber (serat): 0.5 gram
  • Calcium (kalsium): 482 mg (40% dari AKG)
  • Vitamin E: 16.6 mg (110% dari AKG)
  • Vitamin D: 1.025 mcg (7% dari AKG)
  • Potassium (kalium): 176 mg (3,7% dari AKG)

*AKG: Angka Kecukupan Gizi

Seperti yang diketahui bahwa kandungan dari susu almond berbeda dengan susu sapi. Oleh karena itu, tekstur dari kedua jenis susu itupun akan berbeda. Tekstur dari susu almond adalah cair karena susu almond yang baik campuran utamanya hanya air dan almond saja. Sedangkan, jika ada susu almond yang memiliki tekstur kental, ada kemungkinan susu almond tersebut mengandung carrageenan. Jenis ini merupakan jenis dari rumput laut yang dapat mengentalkan suatu cairan. Telah di teliti bahwa carrageenan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Sehingga lebih baik menghindari susu almond yang mengandung carrageenan (3).

Cara yang baik untuk konsumsi susu almond

Jika kalian ingin memanaskan atau merebus susu almond, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Susu almond dapat direbus dengan cara double boiler yaitu merebus dengan wajan yang diletakkan diatas wajan lainnya yang telah berisi air sehingga susu almond dipanaskan dengan cara bertahap. Selain dengan cara ini, susu almond juga dapat dipanaskan menggunakan microwave dalam waktu 30 detik. Perlu di ingat bahwa memanaskan atau merebus susu almond tidak boleh sampai mendidih. Karena susu almond mudah gosong yang nantinya dapat merubah rasa dari susu almond tersebut.

Dimana bisa membeli susu almond?

Untuk mendapatkan susu almond, kebetulan belum ada nih di indomaret atau alfamart. Kalian lebih baik bisa cari di supermarket atau online store ya. Salah satunya kalian bisa langsung klik disini untuk membeli susu almond unsweetened.



Produk Terkait