Manfaat Mie Shirataki untuk Kesehatan dan Diet

Manfaat Mie Shirataki untuk Kesehatan dan Diet

Mie ajaib atau Mie shirataki terbuat dari akar tanaman konjak yang memiliki serat bernama glukomanan ini yang aman untuk di konsumsi untuk pola hidup sehat. Kandungan di dalam mie shirataki memiliki banyak air, yaitu sebesar 97% air. Sedangkan, sisa nya adalah serat glukomanan.

null

Menurut USDA, mie shirataki dengan ukuran 224gr atau 8 ons memiliki nutrisi sebesar:

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 6g
  • Fiber: 6g

Terlebih lagi, kandungan di dalam mie shirataki bebas lemak, sodium, gula dan protein.

Manfaat kandungan glukomanan pada mie shirataki

Membantu menurunkan berat badan

Serat kental yang di kandung dapat menunda perut lapar kamu, sehingga akan membuat kamu makan lebih sedikit (1). Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi glukomanan sebelum mengonsumsi karbohidrat yang banyak ternyata dapat mengurangi kadar hormon kelaparan ghrelin (2). Satu dari tujuh studi ditemukan bahwa mengonsumsi glukomanan selama 4-8 minggu dapat menurunkan berat badan 1,4-2,5kg (3). Namun penelitian diatas belum ada yang secara khusus membahas mie shirataki, tapi membahas suplemen glukomanan. Sehingga mungkin ada waktu yang ikut berperan dalam menurunkan berat badan saat mengonsumsi mie shirataki.

Menurunkan kadar gula darah dan insulin

Telah diteliti bahwa glukomanan dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan resistensi insulin (4). Seperti yang dijelaskan bahwa serat kental dalam menunda pengosongan perut sehingga menyebabkan kadar gula darah dan insulin meningkat lebih bertahap sebagaimana nutrisinya diserap ke aliran darah.

Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian ditemukan bahwa glukomanan meningkatkan jumlah kolesterol yang dikeluarkan melalui buang air besar sehingga yang diserap ke aliran darah lebih sedikit. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa glukomanan dapat menurunkan kadar kolesterol seseorang (5).

Perbedaan mie shirataki basah dengan kering

Di pasaran, mie shirataki memiliki dua jenis yang bisa dipilih, yaitu mie shirataki kering dan mie shirataki basah. Bingung pilih mau beli yang mana? (6)

  • Kandungan gizi: mie shirataki basah lebih bernutrisi dibanding mie shirataki kering
  • Harga: mie shirataki basah lebih murah dari mie shirataki kering
  • Waktu penyimpanan: mie shirataki basah 18 bulan, sedangkan mie shirataki kering 24 bulan
  • Tekstur: mie shirataki basah dan mie shirataki kering teksturnya mirip

Intinya, mie shirataki bisa menjadi alternatif bebas gluten yang bagus daripada mie biasa. Walaupun memiliki beberapa perbedaan, tapi kandungan gizinya jauh lebih baik dibanding mie biasa, lho.

Bagaimana cara memasak mie shirataki?

Secara keseluruhan, cara memasak mie shirataki kering dan basah mempunyai cara yang mirip. Berikut cara memasak mie shirataki

  • Mie shirataki basah: rebus air sampai mendidih, lalu matikan api, lalu tuang mie shirataki basah ke dalam air mendidih, dan tiriskan. Setelah itu bisa langsung lanjut dimasak sesuai keinginan, ya.
  • Mie shirataki kering: rebus air sampai mendidih, lalu masukkan satu persatu mie shirataki kering ke dalam air, tunggu sampai menjadi basah, dan matikan api. Setelah itu bisa langsung lanjut dimasak sesuai keinginan, ya.

Dimana bisa membeli mie shirataki?

Untuk mendapatkan mie shirataki ini, kalian bisa cari di supermarket, seperti superindo, ranch market, dan supermarket besar lainnya. Eh, tapi mie shirataki belum tersedia ya di indomaret atau alfamart kesayangan kamu. Atau, kamu bisa dengan mudahnya beli disini ya!



Produk Terkait