Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Diet

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Diet

Madu adalah suatu cairan kental manis yang dibuat oleh lebah madu di dalam sarangnya. Sebelum ke dalam sarang, lebah mengumpulkan nektar yang kaya akan gula. Di dalam sarang, lebah berulang kali mengonsumsi, mencerna, dan memuntahkan nektar dimana output terakhirnya adalah madu (1). Rasa manis dari madu tergantung pada jenis bunga yang disinggahi oleh lebah.

Kandungan nutrisi madu

Per satu sendok makan madu memiliki kandungan nutrisi sebesar

  • Kalori: 63.8
  • Karbohidrat: 17.3g
  • Gula: 17g (fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa)
  • Protein: 0.1g
  • Vitamin C: 0.1mg

Madu asli hampir bebas serat, lemak, dan protein.

Madu telah digunakan sebagai obat tradisi onal selama ribuan tahun karena memiliki banyak sifat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sudah banyak di pasaran merek-merek madu yang terkenal. Ada baiknya kamu membeli madu yang benar terjamin keasliannya supaya nutrisi yang terkandung dalam madu dapat di konsumsi. Merek-merek madu yang terpercaya aslinya, seperti Al Shifa, Uray, Manuka, dan lain-lain.

Manfaat madu untuk kesehatan

Kandungan antioksidan yang tinggi

Madu mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid (2). Seperti yang telah diteliti antioksidan yang baik dapat menurunkan resiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Resiko serangan jantung terjadi salah satunya karena tekanan darah yang tinggi, madu dapat membantu menurunkan tekanan darah tersebut (3). Selain itu, senyawa antioksidan di dalam madu dapat membantu arteri di jantung untuk membesar dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Sehingga dapat mencegah pembentukan gumpalan darah (4).

Mengandung manis yang alami

Merek madu yang berkualitas tinggi (madu asli) akan mengandung madu yang 100% murni sehingga memiliki rasa manis yang pas. Madu merupakan pemanis yang tidak terlalu buruk dibandingkan dengan gula dan sirup jagung. Walaupun tidak sejahat gula dan sirup jagung, madu tetap harus dikonsumsi secukupnya.

Selain itu, manis yang alami dari madu dapat menurunkan kolesterol LDL “jahat”, trigliserida dan peradangan dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”. Trigliserida juga dapat menjadi salah satu resiko penyakit jantung saat darah meningkat. Telah diteliti bahwa konsumsi madu secara teratur dapat menurunkan kadar trigliserida. (5, 6, 7, 8)

Membantu mengurangi batuk pada anak

Faktanya, madu merupakan pilihan yang lebih baik untuk pengobatan batu pada anak. Hal ini sudah teruji bahwa madu bekerja lebih baik daripada obat batuk yang umum (9). Selain itu, madu juga dapat mengurangi gejala batuk dan meningkatkan kualitas tidur daripada obat batuk (10).

Manfaat madu untuk wajah dan kecantikan

Membantu penyembuhan luka bakar dan luka biasa

Selain memiliki khasiat untuk kesehatan dalam, madu juga memiliki khasiat untuk kesehatan bagian luar, seperti kulit. Telah dilakukan beberapa penelitian yang terbukti bahwa madu paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar parsial dan luka yang telah terinfeksi setelah operasi (11). Selain itu, suatu studi juga membukti bahwa madu merupakan pengobatan yang efektif untuk ulkus kaki diabetik (12). Penyembuhan yang dilakukan madu berasal dari efek antibakteri dan anti inflamasi, juga kemampuannya untuk memberi makan jaringan di sekitarnya (13).

Membantu merawat wajah berjerawat dan eksim

Madu berbentuk pasta atau masker dapat menjadi salah satu alternatif untuk perawatan wajah berjerawat atau eksim. Namun madu yang digunakan harus madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka. Bakteri sehat dalam madu tersebut akan mengaktifkan sistem kekebalan dan membantu peradangan dan kemerahan. Tapi, kalian harus berhati-hati saat menggunakan madu ke wajah, apalagi kalian yang memiliki reaksi alergi.

Cara menggunakan madu ke wajah, dapat dicampurkan dengan masker wajah yang menenangkan. Salah satunya kamu bisa campurkan madu dengan kayu manis karena kombinasinya yang mengandung antioksidan dan antimikroba yang kuat. (14)

Membantu mencerahkan kulit wajah

Madu memiliki khasiat pengelupasan yang baik untuk kecantikan. Cara bekerja dari madu dapat menghilangkan sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam. Caranya mudah, setelah mencuci muka, oleskan madu manuka ke wajah. Boleh campur dengan air agar tidak terlalu lengket dan lebih mudah dihilangkan. Lalu diamkan, dan bilas setelah beberapa menit. (14)

Madu untuk ibu hamil, apakah aman?

Banyak pertanyaan apakah aman untuk ibu hamil mengonsumsi madu? Jawabannya, ya madu aman dikonsumsi saat masa kehamilan. Karena usus orang dewasa sudah dapat menangani bakteri dalam madu. Banyak ibu hamil yang khawatir dapat terkena botulisme, penyakit yang disebabkan oleh madu yang telah terkontaminasi sehingga mengandung bakteri berbahaya bernama spora clostridium. Namun kemungkinan terkena botulisme lebih kecil karena sistem kekebalan alami ibu hamil dapat melawan infeksi. Intinya, selama masa kehamilan, janin aman dari potensi infeksi bakteri seperti spora. Namun sebaiknya, ibu hamil juga melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada masing-masing dokter mengenai konsumsi madu. (15)

Manfaat madu untuk ibu hamil

Pertama, madu bermanfaat untuk membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk. Campuran madu dengan jahe atau lemon dapat menenangkan pada tenggorokan karena sifat anti peradangan yang dimiliki. Selanjutnya, madu dapat melawan dingin yang dirasakan ibu hamil sebelum terserang flu. Hal lain yang sering terjadi pada ibu hamil adalah insomnia. Madu dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur karena dapat meredakan stres.

Manfaat keempat, madu dapat memperkuat sistem imunitas ibu hamil. Sifat antioksidan dan antibakteri yang dikandung madu dapat membantu meningkatkan imunitas dan melawan infeksi. Oleh karena itu, madu dapat membantu juga mencegah alergi.