Manfaat Kurma untuk Kesehatan dan Diet

Manfaat Kurma untuk Kesehatan dan Diet

Buah yang satu ini sangat laku pas bulan Ramadhan nih. Apalagi kalo bukan, kurma! Kurma adalah buah dari pohon kurma yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Biasanya sih orang akan banyak bawa kurma saat dia pulang dari umroh atau haji. Kurma memiliki banyak jenisnya, namun secara umum kurma memiliki rasa yang manis.

Kandungan nutrisi kurma

Mau tau ga kandungan nutrisi yang ada di dalam 1 buah kurma? (1)

  • Kalori: 66,5
  • Karbohidrat: 18gr
  • Serat: 1,6gr (4,5% dari AKG)
  • Protein: 0,4gr
  • Kalsium: 15,4mg
  • Zat besi: 0,2mg
  • Magnesium: 13mg
  • Kalium (Potassium): 167mg
  • Sodium: 0,2mg
  • Vitamin B6: 0,1mg

Setelah tau kandungan-kandungan nutrisi dari 1 buah kurma, bahas manfaat kurma yuk! Disini akan dibagi menjadi dua ya, karena akan ada spesial manfaat kurma untuk ibu hamil.

Manfaat kurma untuk kesehatan

Seperti yang sudah tertulis diatas bahwa jumlah serat per 1 kurma telah memenuhi sebesar 4,5% dari AKG yang dibutuhkan dalam sehari. Serat dalam kurma ini dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga mencegah sembelit (3). Selain itu, serat tersebut juga memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah yang dapat melonjak setelah makan (4).

Ternyata, kurma juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi lho. Akibat antioksidan yang tinggi bermanfaat untuk menurunkan resiko beberapa penyakit. Seperti yang diketahui, antioksidan melindungi sel dari radikal bebas (5). Kurma memiliki tiga antioksidan yang paling kuat, yaitu flavonoid, karotenoid, dan asam fenolat. Flavonoid berperan membantu mengurangi peradangan dan sebuah riset mengatakan dapat mengurangi resiko diabetes, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker (6, 7). Selanjutnya, karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi resiko gangguan mata (8). Yang terakhir, asam fenolat dapat membantu menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung (9, 10).

Nah ini nih, manfaat yang mungkin banyak orang cari, yaitu bisa menjadi makanan diet kamu (11). Tekstur kurma yang lengket dapat berguna sebagai pengikat makanan yang dipanggang, seperti kue. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya dengan kacang-kacangan dan biji-bijian. Namun, ada baiknya kurma dikonsumsi dalam jumlah sedang karena kurma mengandung kalori yang cukup tinggi.

Manfaat kurma untuk ibu hamil

Selain kurma memiliki manfaat untuk kesehatan secara umum, kurma juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Pertama, karena kurma dapat memberikan energi kepada ibu hamil yang biasanya membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini karena kurma mengandung manis yang alami (8).

Kedua, kurma juga mengandung protein yang cukup sehingga dapat membangun asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh ibu hamil (12). Selanjutnya, kurma adalah sumber folat yang baik. WHO telah merekomendasikan kepada ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan untuk mencegah cacat bawaan (13).

Keempat, yang cukup penting adalah kurma dapat memberikan vitamin K kepada bayi untuk membantu pembentukan dan perkembangan tulang. Hal ini karena bayi dilahirkan dengan vitamin K yang rendah (14).

Selanjutnya, seperti yang ditulis diatas bahwa kurma mengandung zat besi sehingga dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Zat besi dapat menjaga hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat imunitas bayi dan sang ibu.

Setelah itu, kurma juga mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan garam air, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot (15). Dan yang terakhir, kandungan magnesium yang ada didalam kurma dapat membantu pembentukan gigi dan tulang pada bayi. Selain itu, dapat mengatur gula darah dan tekanan darah sang ibu. Kurma juga dapat mencegah defisiensi magnesium saat kehamilan, meningkatkan resiko hipertensi kronis, preeklamsia, dan persalinan prematur (16).

Pengganti gula putih yang alami

Kurma juga dapat menjadi pemanis alami lho, jadi untuk kalian yang sedang menghindari gula, bisa lho campur kurma ke dalam makanan atau minuman kamu. Hal ini karena kurma merupakan sumber fruktosa, yaitu jenis gula alami yang ditemukan dalam buah.

Untuk kalian yang senang manis dan mendapatkan nutrisi yang banyak dalam sekali makan, bisa banget nih coba kurma untuk cemilan kalian sehari-hari. Semoga bermanfaat, ya!



Produk Terkait