Manfaat Kacang Almond untuk Diet dan Kesehatan

Manfaat Kacang Almond untuk Diet dan Kesehatan

Sebuah fakta yang menarik bahwa almond yang biasanya disebut keluarga kacang, ternyata bukan kacang sejati. Sebenarnya bagian yang dapat dimakan yang biasa disebut kacang adalah biji dan almond itu sendiri adalah buah yang berbiji (1).

Nutrisi Kacang Almond

Berdasarkan Nutrition Data, jumlah kandungan gizi per 1 ons (28g) sekitar 23 kacang almond, sebagai berikut:

  • Kalori: 161
  • Serat (Fiber): 3.5gr
  • Protein: 6gr
  • Lemak (Fat): 13.8gr
  • Vitamin E: 7.3mg
  • Magnesium: 75mg
  • Calcium: 73.9mg

Menurut analisa Everyday Health, dapat dilihat bahwa almond yang paling memiliki serat dan proten yang tinggi. Serta secara natural memiliki gula yang rendah dan kalori terendah daripada jenis kacang-kacang lainnya. Selain itu, almond juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Bagaimana rasa kacang almond?

Menurut California Almonds, pada umumnya kacang almond memiliki tiga rasa, yaitu manis, agak pahit, dan pahit. Almond yang memiliki rasa pahit disebabkan oleh senyawa alami yang disebut amygdalin. Jika kadar amygdalin 3-5% maka almond akan memiliki rasa pahit. Namun sampai saat ini masih sulit untuk memisahkan ketiga rasa tersebut menggunakan perhitungan untuk amygdalin.

Manfaat dari almond yang harus diketahui

Pola hidup bebas gluten

Pada umumnya, diet bebas gluten itu rendah zat besi, serat, vitamin B, dan protein. Selain itu tinggi lemak jenuh dan gula. Sedangkan, almond secara alami bebas gluten dan memiliki nutrisi untuk memenuhi kekurangan dari diet bebas gluten itu (2).

Mencegah penambahan berat badan, serta penurunan berat badan

Kombinasi nutrisi yang dimiliki oleh almond dapat menjadi penahan rasa lapar menurut Heap (2). Menurut studi yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, menjelaskan bahwa menggabungkan almond dengan diet rendah kalori dan tinggi lemak tak jenuh tunggal menyebabkan lebih banyak penurunan berat badan daripada diet rendah kalori dengan banyak karbohidrat kompleks.

Menurunkan kadar gula darah

Telah diteliti pada tahun 2006 melalui Journal of Nutrition, melakukan percobaan pemberian makanan, seperti kacang almond, nasi, kentang atau roti terkontrol kepada partisipan. Hasil dari penelitian menemukan bahwa gula darah dan insulin partisipan menurun setelah makan almond, dan tidak terjadi pada jenis makanan lainnya. Selain itu, antioksidan dalam darah meningkat setelah mengonsumsi almond.

Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian dilakukan pada orang yang memiliki kolesterol LDL tinggi, dan terkait dengan penyakit jantung. Hasil penelitian tersebut menemukan saat makan 1,5 ons almond per hari selama enam minggu dapat menurunkan kolesterol LDL serta lemak perut dibandingkan dengan orang yang makan muffin dengan jumlah kalori yang sama (2).

Beberapa khasiat nutrisi dari kacang almond yang harus diketahui ibu hamil & menyusui

Asam folat mencegah cacat saraf

Ibu hamil membutuhkan asam folat untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi di dalam kandungan. Kacang almond merupakan salah satu sumber terbaik asam folat sehingga ada baiknya ibu hamil mengonsumsk sekitar 400mcg asam folat untuk memenuhi kebutuhan bayi (3).

Meningkatkan metabolisme ibu hamil

Almond yang memiliki kandungan antioksidan, anti infalami dan gula yang rendah dapat membantu menyediakan sumber karbohidrat dan lemak untuk ibu hamil. Sehingga dapat membantu metabolisme, mengurangi peradangan, stres oksidatif dan gula darah (4).

Mencegah penambahan berat badan yang berlebihan

Almond dapat membantu mengurangi rasa lapar sehingga dapat menurunkan resiko penambahan berat badan yang berlebihan. Pada studi yang dilakukan, 20 wanita yang mengonsumsi 2oz almond setiap hari, telah merasa kenyang dengan mengurangi hormon kelaparan ghrelin dan meningkatkan hormon pengurang nafsu makan leptin (5).

Membantu supply zat besi

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, ibu hamil trimester 2 &3 membutuhkan sekitar 27mg zat besi per hari. Satu ons almond mengandung 1mg zat besi sehingga dapat memenuhi 3% dari kebutuhan zat besi harian ibu hamil (6).

Melindungi anak dari alergi di masa mendatang

Mengonsumsi kacang-kacangan selama kehamilan dilansir akan melindungi anak dari alergi nantinya (7). Selain itu, kandungan vitamin E dan seng dari kacang almond dapat melindungi anak dari asma (8).

Protein memberikan stamina

Semakin menuju trimester 3, ibu hamil membutuhkan protein yang tinggi. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa 1 ons almond mengandung 6g protein. Sehingga ada baiknya ibu hamil mengonsumsi almond setiap harinya agar memiliki kekuatan dan stamina yang dibutuhkan untuk melahirkan (9).

Serat merangsang pencernaan

Permasalahan umum saat hamil adalah sembelit. Serat yang tinggi dari almond dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus (9).

Kalsium memperkuat tulang ibu hamil & janin

Satu ons almond menyediakan sekitar 75mg kalsium dimana dapat membantu menurunkan resiko pre-eklamsia dan membantu pembentukan tulang pada janin (9).

Bagaimana cara mengonsumsi kacang almond?

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh orang untuk memakan kacang almond. Pertama, dimakan langsung secara mentah begitu saja. Kedua, almond juga bisa dipanggang lalu baru dikonsumsi. Namun nutrisinya lebih banyak ada di kacang almond yang mentah (10).

Dimana bisa mendapatkan kacang almond?

Kacang almond sudah bisa dibeli di supermarket besar, seperti ranch market, food hall, dan supermarket lainnya. Selain itu, juga bisa mendapatkan kacang almond melalui online store, seperti disini ya. Untuk mini market, seperti indomaret dan alfamart belum tersedia, ya.



Produk Terkait