Manfaat Beras Shirataki untuk Kesehatan dan Diet

Manfaat Beras Shirataki untuk Kesehatan dan Diet

Masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengganti konsumsi beras putih dengan jenis karbohidrat lain yang lebih sehat, salah satunya adalah beras shirataki. Pada dasarnya beras shirataki adalah mie shirataki yang telah dipotong-potong menyerupai beras pada umumnya (1).

Bagaimana peran beras shirataki didalam pola hidup sehat?

Beras shirataki adalah beras yang mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah yang terbuat dari akar konjak yang berasal dari Asia, serta memiliki serat yang bernama glukomanan.

Nutrisi Beras Shirataki

Beras shirataki per 100gr memiliki kandungan kalori sebesar 11,8 dan 1,2g net karbo. Selain itu, beras shirataki juga tidak mengandung gula, lemak, gluten, dan natrium (2).

Manfaat dari beras shirataki

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa beras shirataki mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau menjalani pola hidup sehat (3). Peran dari glukomanan yang menjadi bahan utama shirataki dapat menunda rasa lapar, serta berkontribusi meningkatkan rasa kenyang (4). Seperti jenis serat larut lainnya, glukomanan mengurangi penyerapan protein dan lemak (5).

Proses memasak beras shirataki

Cara memasak beras shirataki sangat mudah, nih. Pertama, kalian perlu mencuci beras sekitar 30-60 detik. Setelah itu, rebus beras 60 detik. Langkah terakhir, pindahkan beras ke wajan lalu masak hingga kering. (6)

Dimana kamu dapat membeli beras shirataki?

Sampai saat ini, beras shirataki belum dapat dibeli di Indomaret atau Alfamart sekitar kamu, ya. Tapi beras shirataki dapat ditemukan di supermarket serta online store kok. Salah satunya, bisa beli disini ya! Untuk kalian yang ini mencoba beras shirataki, perlu diketahui bahwa teksturnya tidak akan sama persis seperti beras pada umumnya, ya.